Baru Setahun Menikah Tapi Rasanya Sudah Seperti Puluhan Tahun

ilustrasi (foto: Thinkstock)
Jakarta, Saya sudah menikah lebih dari setahun. Waktu awal pernikahan, kami sering sekali berhubungan intim. Tapi setelah saya hamil, suami seperti malas-malasan. Setelah saya melahirkan sampai usia anak 4 bulan suami masih saja seperti itu, jauh berbeda dibandingkan waktu awal menikah dulu.

Anehnya, kalau saya komplain pasti suami marah. Kalau melakukan hubungan suami istri juga sekarang suami suka ejakulasi dini. Apa karena dia lelah bekerja? Intinya saya merasa hubungan suami istri kami kurang harmonis. Saya merasa sudah menikah dengan dia puluhan tahun saja, padahal semestinya umur pernikahan kami sedang hot-hotnya kan?

Yang mau saya tanyakan:
1. Mengapa suami saya bisa berubah dari awal menikah sampai sekarang sudah memiliki anak? Apa faktor penyebab psikologisnya?
2. Bagaimana cara berdiskusi dengan suami mengenai seks agar dia tidak tersinggung, terutama masalah ejakulasi dini? Terimakasih atas jawabannya

Miss X (Perempuan Menikah, 23 tahun), dn.iXXXXXX@gmail.com
Tinggi Badan 153 cm, Berat Badan 47 kg

Jawaban

Miss X, saya bisa memahami frustasi Anda. Saya juga bisa memahami bahwa gairah seksual Anda sedang tinggi-tingginya akibat perubahan hormon. Sebenarnya, memang sebagian besar wanita yang hamil memiliki gairah seksual lebih tinggi daripada wanita yang tidak hamil.

Ditambah dengan kondisi pada tahap kehamilan, hal ini membuat hubungan seks justru kurang bisa dinikmati dan terjadi sampai setelah melahirkan. Biasanya beberapa laki-laki sering merasa kasihan kepada istrinya ketika hamil. Alasannya karena nggak tega melihat istri yang sudah repot dengan kehamilan dan mengurus rumah tangga kok suami masih egois meminta hubungan seksual.

Yang paling praktis bisa Anda berdua lakukan adalah coba berbicara dengan suami. Tanyakan kira-kira apa yang suami inginkan dari Anda. Misalnya, katakan ‘Apakah ada hal yang bisa saya lakukan sebagai istri agar dapat membuatmu bergairah? Apakah ada fantasi seksual yang kamu inginkan selama ini yang belum pernah tercapai? Siapa tahu jika kamu mau menceritakannya, saya bisa bantu melakukan’.

Kenapa saya meminta Anda untuk lebih aktif menanyakan hal ini kepada suami? Agar supaya Anda bisa membicarakan atau melakukan sesuatu yang secara langsung dapat meningkatkan gairah seksual suami terhadap Anda. Jangan dibahas mengenai ejakulasi dininya, tidak perlu dibahas juga mengenai ‘dulu bisa sekarang kok tidak bisa’.

Hal itu justru akan membuat suami tersinggung. Kekesalan Anda akan membuat suami malah tidak bisa ereksi lagi. Jadi yang paling ideal adalah berdandan seseksi mungkin. Kalau perlu tanyakan kepada suami dandanan apa yang menurutnya membuat Anda terlihat seksi, lalu tanyakan fantasi seksualnya.

Katakan bahwa Anda mau membahagiakan suami dan mencoba mewujudkan apa yang menjadi fantasi seksual suami semampu Anda. Biasanya, hal-hal seperti ini seringkali tidak mungkin ditolak suami. Selamat mencoba.

Zoya Amirin, M.Psi
Psikolog seksual bersertifikasi yang memiliki pendidikan seksual yang berlatar belakang psikologi. Ketua dalam Komunitas Studi mengenai Perilaku Seksual, anggota dari Asosiasi Seksologi Indonesia.

Pengajar mata kuliah Kesehatan Reproduksi, Ilmu Hubungan antar manusia, Public Relation, Ilmu Komunikasi Dasar di Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia.

Sumber

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

