Penyakit di Tubuh Pria yang Bikin Malu

Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Penyakit terjadi karena si pemilik tubuh tidak bisa menjaga kesehatan dan pola hidupnya dengan baik. Namun di kalangan pria, ada beberapa penyakit yang dianggap memalukan. Apa saja?

Tak seperti wanita, pria cenderung malas dan enggan untuk berkonsultasi ke dokter bila merasa ada yang aneh di tubuhnya. Entah karena tak ada waktu atau karena malu, karena memang ada beberapa penyakit pria yang bikin malu.

Berikut beberapa penyakit di tubuh pria yang bisa bikin malu, seperti dilansirboldsky, Selasa (16/10/2012):

1. Ejakulasi dini dan disfungsi ereksi

Seperti sembelit atau sakit perut, ini juga merupakan masalah kesehatan yang umum pada pria. Tak perlu merasa malu karena mayoritas laki-laki menderita masalah kesehatan ini.

Disfungsi ereksi atau ejakulasi dini terjadi karena kondisi tubuh tidak sehat, stres, merokok, gaya hidup tidak sehat dan alkohol. Jika Anda malu untuk berkonsultasi dengan dokter wanita, kunjungilah dokter laki-laki dan mintalah perawatan di rumah.

Segeralah mencari bantuan karena disfungsi ereksi merupakan salah satu gejala masalah jantung dan penyakit lainnya.

2. Beser atau buang air kecil berlebihan

Sebagian besar pria hanya merasa bahwa buang air kecil terlalu sering akan membuang-buang waktu di tempat kerja. Pria mungkin sadar ini merupakan gejala gangguan kesehatan, tetapi terlalu malu untuk mencari bantuan medis.

Sebenarnya, fungsi kandung kemih dan air dalam tubuh berbeda dari masing-masing pria. Semakin banyak air yang Anda minum, semakin Anda akan sering buang air kecil.

Tapi, jika Anda tiba-tiba mulai buang air kecil lebih dari sebelumnya, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Buang air kecil yang berlebihan bisa menjadi gejala diabetes.

3. Bau di alat kelamin

Ini satu lagi masalah kesehatan memalukan pria. Tak sedikit pria mengalami bau menyengat yang berasal dari alat kelaminnya. Obatnya cukup sederhana, yaitu menjaga kebersihan pribadi dengan mencukur atau memangkas rambut kelamin.

Juga cuci dan bersihkan kelamin karena bau sering terjadi akibat bakteri dan dapat menyebabkan infeksi. Hindari memakai celana atau pakaian ketat. Lebih baik gunakan celana katun, celana longgar atau piyama.

4. Nyeri pada kulup kelamin

Ini biasanya terjadi pada pria yang tidak disunat. Setelah bercinta, beberapa pria mengalami sakit pada kulup kelamin yang bisa membuatnya sulit untuk buang air kecil.

Kondisi ini biasanya terjadi karena kulup terlalu ketat, sehingga menyebabkan rasa sakit, nyeri atau luka ketika terjadi peregangan saat ereksi. Konsultasikan segera dengan dokter bila Anda mengalami kondisi ini.

Sumber

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: