Olahraga Berlebihan Bisa Merusak Kesuburan Pria

Foto: Ilustrasi/Thinkstock

Jakarta, Menjaga tubuh tetap sehat dan bugar penting dilakukan untuk memaksimalkan peluang para pasangan memiliki momongan. Nah, olahraga merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kesuburan. Eit, tapi jangan olahraga berlebihan karena bisa mengganggu kesuburan pria.

“Sekitar 30-40 persen pria mengalami impotensi,” ujar Christina Spaccavento, seorang terapi seks dan konselor hubungan, seperti dikutip dari Daily Mail, Selasa (4/12/2012).

Spaccavento menjelaskan impotensi dapat terjadi sebagai akibat dari kondisi medis, psikologis atau emosional. Hal itu bisa berlangsung seumur hidup atau situasional.

Nah, berolahraga secara berlebihan juga dapat merusak kesuburan alami para pria. Sebab olahraga berlebihan dapat meningkatkan kadar hormon stres kortisol yang menurunkan kadar testosteron.

“Ada bukti bahwa beberapa latihan ketahanan dapat mempengaruhi profil hormon reproduksi beberapa pria, terutama mengurangi kadar testosteron mereka,” kata konsultan ginekolog Mike Bowen dari Klinik Saxon.

Selain itu menurut Vinod Nargund, seorang ahli bedah urologi di St Bartholomew dan Rumah Sakit Homerton di London, terlalu banyak bersepeda juga membahayakan pria karena bisa menyebabkan impotensi. Hal ini karena tekanan berkepanjangan dari sadel sepeda pada perineum, daerah kulit belakang skrotum. Di sinilah saraf dan pembuluh darah masuk ke penis.

Karena itu agar kesuburan pria tidak terganggu maka hindarilah latihan yang berlebihan. Saat bersepeda, pilihlah sadel yang lembut dan jika memungkinkan kayuhlah sepeda sambil berdiri.

“Studi pada relawan telah menunjukkan bahwa bersepeda dalam posisi berdiri tidak mengubah suplai darah penis,” kata Mr Nargund.

Sumber

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: