Astaga! Implan Buat Dagu Dipasang di Testis Agar Besar & Simetris

ilustrasi (foto: Thinkstock)

Jakarta, Biasanya yang ribut soal penampilan adalah wanita karena ingin tampil cantik dan memesona. Sekarang tampaknya pria juga sama ributnya, tapi bukan masalah wajah, melainkan di bawah selangkangan. Beberapa pria ingin membuat testisnya terlihat simetris dan besar dengan cara dipasangi implan untuk dagu.

“Pria mulai memiliki masalah yang sama seperti yang dimiliki wanita tekait dengan persepsi tubuh. Ada banyak pria yang tidak merasa puas dengan ukuran testisnya dan sekarang mereka memiliki pilihan baru,” kata Fernando Ugarte, ahli urologi dari National Autonomous University of Mexico seperti dilansir Live Science, Kamis (25/10/2012).

Ugarte mengisahkan seorang pasien prianya berusia 45 tahun yang terlahir dengan kondisi testis kanan lebih kecil atau disebut dengan kriptorkismus. Para dokter di Meksiko awalnya mengangkat testis yang tidak begitu berfungsi baik dan menggantinya dengan implan yang didapat di pasaran. Namun akhirnya testis jadi tampak kurang seimbang.

Pria ini kemudian terganggu akan penampilan testisnya dan mengidap gangguan dismorfik tubuh, yaitu gangguan mental di mana penderitanya terlalu memperhatikan kekurangan bagian tubuh tertentu. Gangguan ini sering dialami penderita anoreksia yang terobsesi punya berat badan ideal sampai mau kelaparan dan bulimia yang suka memuntahkan makanan.

Pada tahun 2011, Ugarte dan rekan-rekannya kemudian membuat sayatan kecil di selangkangan pria itu dan menempatkan implan silikon untuk dagu di testis kiri. Pakar bedah plastik sering menggunakan implan berupa sepotong silikon berukuran sekitar 6 milimeter ini untuk membesarkan dagu atau pipi.

“Sebulan setelah menjalani operasi, pasien dapat kembali melakukan aktivitas seksual. Operasi ini relatif aman dan tidak akan mengurangi kesuburan atau fungsi seksual karena tidak menyentuh testis sama sekali. Setelah setahun, fungsi testisnya sempurna dan dia merasa baik-baik saja,” Kata Ugarte.

Dalam laporan yang dimuat Journal of Sexual Medicine, Ugarte menjelaskan bahwa sejak itu ada 2 orang pasien pria lain yang ia operasi dengan metode serupa Pasiennya ini adalah pria-pria yang bermasalah dengan persepsinya terhadap penampilannya sendiri.

“Sudah menjadi rahasia umum bahwa sebagian besar majalah pria memuat iklan pil atau produk pembesar penis. Tapi sekarang, pasien juga ingin memiliki testis yang lebih besar, bukan hanya penis,” kata Urgate.

Sumber

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: