Hindari Tabu, Panduan Seks Ini Dicetak dengan Gambar Tanpa Wajah

dok: BBC

Jakarta, Tak mudah menyajikan informasi dan panduan bercinta untuk kalangan yang menganggap aktivitas seksual sebagai hal tabu. Untuk kalangan Yahudi yang terkenal religius, buku panduan seks dicetak dengan sedikit gambar. Itu pun tanpa wajah.

Dr David Ribner, seorang terapis seks di Israel baru-baru ini menyusun sebuah buku panduan khusus untuk kalangan Yahudi Ultra-ortodoks. Kelompok yang dikenal sangat religius ini sangat menganggap seks sebagai hal yang tabu untuk diperbincangkan.

Buku berjudul The Newlywed’s Guide to Physical Intimacy yang tebalnya mencapai 92 halaman ini tidak menyertakan ilustrasi gambar di dalamnya. Hanya secarik kertas terbungkus amplop di sampul belakang yang memuat 3 gambar posisi dasar bercinta, itu pun dicetak tanpa wajah.

Alasan mencetak gambar posisi bercinta tanpa wajah adalah untuk menghindari tabu. Meski hanya sedikit dan tanpa wajah, gambar-gambar itu cukup memberikan gambaran bagi pasangan Yahudi Ultra-ortodoks yang baru menikah dan minim pengalaman maupun pengetahuan soal seks.

“Kami telah melihat banyak buku panduan lain dan melihat ilustrasi yang digunakan, dan kami pikir terlalu vulgar dan tidak nyaman bagi orang yang tidak pernah kontak dengan aspek kehidupan yang satu ini (seks),” kata Dr Ribner seperti dikutip dari Daily Mail, Selasa (23/4/2013).

Selain terbungkus rapat dalam amplop, selembar kertas bergambar tersebut juga masih diberi peringatan tertulis. Bunyinya kurang lebih mengingatkan bahwa isinya adalah gambar-gambar yang mungkin terlalu vulgar bagi kalangan Yahudi Ultra-ortodoks.

Dalam agama Yahudi sendiri, seksualitas sebenarnya tergolong hal yang positif, termasuk di dalamnya berhubungan seks. Namun karena seks dianggap tabu, sulit bagi Dr Ribner untuk bisa mengemas buku yang mengulas hal-hal seperti masturbasi dan seks oral.

Buku ini diterbitkan dalam Bahasa Inggris tahun lalu, sedangkan edisi Bahasa Ibrani akan dicetak beberapa pekan mendatang. Dr Ribner menyadari, beberapa toko buku di Israel mungkin akan menolak penjualannya karena mungkin terlalu konfrontasional.

Sumber

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: