Mr P Sulit Ereksi? Mungkin 10 Hal Ini Penyebabnya

ilustrasi (Foto: Thinkstock)

Jakarta, Pria akan mudah ‘on’ hanya dengan visual. Apalagi jika dilakukan dengan sejumlah foreplay dengan istri. Namun tidak semua pria gampang ‘on’ lantaran mengalami disfungsi ereksi. Apa saja penyebab Mr P sulit ereksi?

Berikut ini kondisi yang dapat menghambat terjadinya ereksi penis, seperti dikutip dari Web MD (24/4/2013):

1. Depresi
Otak merupakan zona sensitif seksual yang sering diabaikan. Gairah seksual dimulai di kepala dan bekerja ke bawah. Depresi dapat membuang hasrat dan ini dapat menyebabkan disfungsi ereksi. Ironisnya, banyak obat yang dipakai untuk mengobati depresi juga dapat menekan dorongan seksual sehingga membuat lebih sulit mendapatkan ereksi.

2. Alkohol
Minuman beralkohol biasanya diminum untuk mendapatkan mood yang baik, tetapi kebanyakan alkohol justru menyulitkan kaum pria untuk mencapai ereksi. Konsumsi alkohol berat dapat mengganggu proses ereksi, meskipun minum secara rutin satu atau dua gelas sehari bisa memberi manfaat kesehatan seperti mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Obat-obatan
Penggunaan obat-obatan pun dapat menyebabkan Mr P tak mau berdiri. Obat-obatan yang kerap menyebabkan ED antara lain obat-obatan untuk tekanan darah, obat penahan rasa sakit, dan antidepresan. Amfetamin, kokain, dan ganja pun dapat menyebabkan masalah seksual pada pria.

4. Stres
Sangat tidak mudah untuk mendapatkan gairah atau mood bercinta ketika sedang stres. Stres pun mempengaruhi kinerja penis. Untuk mengatasinya, ubahlah gaya hidup dengan melakukan relaksasi. Selain itu lakukan pula olahraga secara teratur, cukup tidur. Jika Mr P masih juga tak mau berdiri, carilah bantuan profesional.

5. Amarah
Amarah mungkin akan membuat darah mengalir ke wajah, tetapi tidak ke area bawah sana. Takkan mudah menjadi romantis ketika sedang marah, entah itu marah kepada pasangan atau kepada orang lain. Kemarahan terpendam atau yang diekspresikan rupanya berimbas pada kinerja di kamar tidur.

6. Gelisah
Khawatir terhadap performa diri sendiri di tempat tidur ternyata dapat membuat penis lebih susah mengalami ereksi. Tak hanya itu mengkhawatirkan banyak hal dalam hidup juga mempengaruhi aktivitas ranjang. Agar kehidupan seksual tidak terganggu, cobalah untuk lebih santai dan nikmatilah hidup.

7. Buncit
Memiliki lingkar perut yang tak lagi ideal bukan hanya menurunkan ‘image’ tetapi juga mempengaruhi kinerja seksual. Sebab pria obesitas menghasilkan lebih sedikit hormon testosteron, padahal hormon ini penting untuk aktivitas seksual. Kelebihan berat badan juga terkait dengan tekanan darah tinggi dan pengerasan pembuluh darah yang dapat mengurangi aliran darah ke penis.

8. Citra Diri
Citra diri yang negatif dapat membuat Anda khawatir tidak hanya tentang bagaimana Anda melihat diri sendiri tetapi juga seberapa baik performa Anda di tempat tidur. Kecemasan ini dapat membuat Anda terlalu khawatir, bahkan untuk mencoba seks.

9. Libido Rendah
Libido rendah berbeda dengan disfungsi ereksi, tetapi banyak faktor yang sama yang menyebabkan terhambatnya ereksi dan berkurangnya minat pada seks. Ketika semua orang khawatir ketagihan bercinta, seseorang dengan libido rendah justru merasa tidak tertarik.

10. Kesehatan
Kesehatan yang berbeda-beda pada setiap orang dapat mempengaruhi saraf, otot, atau aliran darah yang diperlukan untuk mendapat ereksi. Diabetes, tekanan darah tinggi, pengerasan pembuluh darah, cedera tulang belakang dan multiple sclerosis juga berkontribusi pada kemampuan ereksi. Operasi untuk mengobati masalah prostat atau kandung kemih pun dapat mempengaruhi saraf dan pembuluh darah yang mengontrol ereksi.

Bagaimana mengatasinya? Mungkin sedikit memalukan untuk membicarakan kehidupan seksual Anda pada dokter. Tetapi itu adalah cara terbaik untuk mendapatkan pengobatan dan kembali menjadi intim dengan pasangan.

Dokter dapat menentukan sumber masalah dan dapat merekomendasikan intervensi gaya hidup seperti berhenti merokok atau menurunkan berat badan. Pilihan pengobatan lain adalah obat ereksi, perawatan hormon, perangkat hisap yang membantu menciptakan ereksi, atau konseling.

Sumber

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: