9 Alasan Terbaik untuk Bercinta Setiap Hari

(Foto: Thinkstock)

Jakarta, Bercinta bagi suami istri kadang membuat bosan. Namun selain kegiatan untuk ‘bersenang-senang’, bercinta juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Melakukannya secara rutin pun akan semakin menambah manfaatnya.

Tidak hanya berperan untuk membantu agar kualitas tidur makin baik atau membakar kalori, tapi juga banyak manfaat lainnya. Berikut 9 alasan mengapa Anda dan pasangan sah harus bercinta setiap hari, seperti dikutip dari Times of India, Jumat (26/4/2013).

1. Menyehatkan fungsi jantung
Studi mengungkapkan bahwa laki-laki yang melakukan hubungan intim lebih dari 2 kali dalam seminggu, memiliki risiko yang lebih rendah untuk terjangkit serangan jantung, dibandingkan dengan laki-laki yang melakukan hubungan intim kurang dari 1 kali dalam sebulan.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh
Secara rutin bercinta meningkatkan kadar antibodi immunoglobulin A (IgA), yang membuat tubuh semakin kuat dan tak rentan terhadap penyakit seperti flu dan demam.

3. Mengurangi stres
Sedang stres karena masalah di tempat kerja atau masalah keluarga? Jangan biarkan stres mengurangi gairah Anda untuk bercinta. Bercinta tidak hanya akan meningkatkan mood, tetapi studi juga menemukan bahwa melakukan hubungan intim secara rutin akan ‘mengendalikan’ stres seseorang dan membuat pasangan suami istri menjadi lebih bahagia.

4. Mengurangi nyeri
Jika Anda merasakan pusing atau sakit kepala sebagai alasan untuk tidak bercinta, Anda harus menghentikan kebiasaan itu. Ajaklah suami atau istri bercinta. Sebab, saat Anda mengalami orgasme, kadar hormon oksitosin meningkat 5 kali lebih banyak. Hormon ini memiliki fungsi untuk mengurangi nyeri pada tubuh.

5. Memperpanjang usia 
Ketika laki-laki atau perempuan mengalami orgasme, hormon dehydroepiandrosterone dilepaskan. Hormon ini meningkatkan kekebalan tubuh, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, dan menjaga kesehatan kulit. Laki-laki yang mengalami orgasme setidaknya 2 kali per minggu, memiliki kesempatan hidup lebih lama dibandingkan dengan laki-laki yang bercinta 1 kali dalam beberapa minggu.

6. Meningkatkan kelancaran aliran darah
Bercinta membuat kerja jantung meningkat, sehingga saat bercinta, aliran darah segar mengalir ke seluruh tubuh dan sel. Ketika darah yang belum disaring oleh jantung diganti, tubuh akan membuang racun dan zat lain yang mengakibatkan tubuh lelah.

7. Kualitas tidur lebih baik
Tidur yang Anda alami setelah bercinta lebih menimbulkan efek relaksasi pada tubuh jika dibandingkan dengan tidur biasa. Tidur dengan kualitas seperti ini akan membuat tubuh menjadi lebih aktif di keesokan harinya.

8. Mencakup seluruh latihan fitness
Jika Anda terbiasa ke gym untuk melakukan berbagai latihan fitness, bercinta bisa menggantikannya. Bercinta selama satu setengah jam akan membantu membakar lebih dari 80 kalori.

9. Meningkatkan kadar hormon estrogen dan testosteron
Pada laki-laki, hormon testosteron adalah hormon yang sangat penting, khususnya untuk bisa meningkatkan gairah saat bercinta. Selain itu hormon ini juga meningkatkan kekuatan otot dan tulang, serta menjaga jantung tetap sehat. Pada perempuan, hormon estrogen membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Sumber

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: