Mr P Terasa Nyeri Saat Ejakulasi, Kapan Harus ke Dokter?

Ilustrasi (dok: Thinkstock)

Jakarta, Puncak kepuasan seksual pada laki-laki adalah saat orgasme, yang ditandai denganj ejakulasi. Namun jika proses ini disertai rasa nyeri, maka rasanya tidak lagi memuaskan melainkan sangat menyaksikan. Kapan harus periksa ke dokter?

Perlu diketahui, ejakulasi terjadi akibat kontraksi otot yang membuat sperma meluncur dari testis lalu menyembur lewat Mr P. Rasa nyeri akan muncul bila terjadi inflamasi atau radang, akibat infeksi maupun sebab lain di sepanjang rute perjalanan sperma.

Kemungkinan penyebab lain adalah adanya kanker, terutama di bagian prostat. Untuk sebab yang satu ini, rasa nyeri saat ejakulasi juga disertai dengan susah kencing, nyeri saat kencing, keluar darah dan juga nyeri di bagian panggul dan tulang punggung.

Untuk kemungkinan kanker prostat, dokter di rumah sakit bisa melakukan tes darah untuk mengetahui keberadaan Prostate-specific antigen (PSA). Antigen tersebut adalah penanda kanker, yang sering dilakukan untuk memastikan diagnosis kanker prostat.

Waktu yang tepat untuk periksa ke dokter adalah secepatnya. Dikutip dari Philly.com, Jumat (26/4/2013), reaksi yang cepat akan menghasilkan diagnosis yang cepat pula sehingga kondisi yang lebih serius bisa dicegah dengan pengobatan yang sesuai.

Begitu seorang laki-laki mengalami ejakulasi dan diikuti rasa nyeri yang tidak wajar, maka sebaiknya tidak menunda untuk periksa ke dokter. Dalam banyak kasus, nyeri tersebut mudah didiagnosis dan mudah pula diobati asalkan belum terlambat disadari.

Bila penyebabnya adalah radang atau inflmasi akibat infeksi, maka pengobatannya adalah dengan antibiotik sesuai dengan petunjuk dokter. Jika disebabkan oleh kanker prostat, bukan berarti lebih sulit disembuhkan. Semua tergantung seberapa cepat penanganannya.

Sumber

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: