Ejakulasi Dini versus Disfungsi Ereksi

detail berita

Pria dengan disfungsi ereksi (Foto: Corbis)
MASALAH kesehatan reproduksi bisa dialami oleh pria dan wanita. Pada pria sendiri, ejakulasi dini dan disfungsi ereksi adalah masalah yang sering dikeluhkan.

Ejakulasi dini dan disfungsi ereksi adalah dua masalah kesehatan reproduksi pria yang umum diketahui oleh masyarakat. Namun tidak sedikit juga yang belum memahami perbedaan antar keduanya.

“Ejakulasi dini  (premature ejaculation)  merupakan kondisi ketidakmampuan mengontrol ejakulasi sehingga terjadi dalam waktu yang singkat dengan rangsangan minimal, dan terjadi sebelum kedua pasangan tersebut menginginkannya,” ujar Dr. Anton Darsono Wongso, MM, MH, Sp.And, dari Rumah Sakit Awal Bros, Tangerang dalam surat elektroniknya kepada Okezone,  belum lama ini.

Ejakulasi terjadi ketika pasangan berhubungan intim, dan sang pria keluarnya sangat cepat. Bisa jadi, dalam 2 detik sudah terjadi ejakulasi. “Tentu ini menjadi masalah karena terjadi ketidakpuasan di kedua belah pihak,” ujar Dr. Anton.

Sementara disfungsi ereksi atau istilah yang lebih dikenal masyarakat awam dengan nama lemah syahwat atau impoten. Ini merupakan suatu kondisi berupa ketidakmampuan mencapai atau mempertahankan ereksi pada penis.

“Ciri sederhana untuk membedakan antara ejakulasi dini dan disfungsi ereksi atau impotensi adalah impotensi dihubungkan dengan kerasnya penis, sedangkan ejakulasi dihubungkan dengan waktu keluarnya air mani,” tutup Dr. Anton.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: