Adakah Bentuk dan Warna Puting yang Ideal untuk Menyusui?

Foto: Ilustrasi/Thinkstock

Jakarta, Bentuk dan warna puting payudara dari tiap perempuan tidaklah sama, ada yang berwarna terang dan gelap serta ada yang bentuk putingnya menonjol atau masuk ke dalam. Namun adakah bentuk dan warna puting ideal untuk menyusui?

“Aneka bentuk puting nggak masalah, puting besar atau kecil nggak berpengaruh,” ujar Nia Umar, S.Sos, IBCLC selaku Ketua IKMI (Ikatan Konselor Menyusui Indonesia) saat dihubungi detikHealth dan ditulis Rabu (9/1/2013).

Nia menjelaskan bentuk puting kerap disamakan dengan bentuk dot, padahal ini adalah 2 hal yang berbeda. Jika pada dot, cukup sedikit sudah bisa mengisap, tapi bayi yang menyusu maka sebagian besar aerola di payudara masuk ke dalam mulut bayi, karenanya dinamakan breastfeeding bukan nipplefeeding.

“Saat menyusu bayi harus membuka mulut dengan lebar dan mengambil sebagian besar aerola payudara ibu, sekaligus ini membantu otot-otot di lidah, mulut dan rahang untuk berkembang,” ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Dr Utami Roesli, SpA, IBCLC selaku pakar laktasi bahwa panjang pendek dari puting tidak mempengaruhi proses menyusui, karena kelenturan dari puting yang turut berpengaruh.

“Kalau putingnya masuk ke dalam bisa ditarik-tarik dengan teknik yang benar setelah melahirkan, dan biasanya seiring bertambah usia kehamilan maka puting yang masuk atau datar ini akan menonjol dan kelenturan bertambah,” ujar Dr Utami.

Proses menyusui ini sendiri sebenarnya tidak menyakitkan dan ibu harus melakukannya dalam kondisi bahagia agar produksi meningkat dan ASI yang dikeluarkan juga lebih efektif.

“Menyusui itu nggak harus sakit, jika sakit berarti ada yang kurang tepat, bisa karena posisinya yang tidak tepat atau puting terasa sakit,” ungkap Nia.

Nia menyarankan jika puting sudah terasa sakit sebaiknya mencari bantuan dari konselor ASI agar bisa segera ditangani, karena puting yang sakit dapat menurunkan hormon oksitosin yang membuat aliran ASI jadi terhambat, karena itu penting sekali membuat ibu menyusui merasa nyaman.

Jadi apapun bentuk puting yang dimiliki, seorang perempuan tetap bisa menyusui buah hatinya. Hal ini karena ada berbagai teknik yang bisa dilakukan untuk membantu melancarkan proses menyusui.

Sumber

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: