Apa Rasanya Punya Puting Lebih dari Dua?

(Foto: thinkstock)

Jakarta, Normalnya, baik laki-laki dan wanita terlahir dengan dua buah puting susu. Meski pada masa pubertas, payudara dan puting pria tak berkembang layaknya wanita. Tapi beberapa orang ternyata terlahir dengan puting tambahan alias punya puting lebih dari dua.

“(Puting tambahan) itu karena bawaan, namanya supernumerary nipple. Salah satunya Anne Boleyn, istri dari Raja Henry VIII di Inggris,” jelas Dr Andri Wanananda, MS, seksolog dan pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara, saat dihubungi detikHealth dan ditulis Rabu (9/1/2013).

Menurut Dr Andri, puting tambahan ini biasanya tidak terhubung dengan jaringan payudara utama, meski pada beberapa orang juga dapat terhubung dengan kelenjar susu, sehingga puting tambahan tersebut bisa menghasilkan ASI setelah kehamilan.

Puting tambahan ini bisa muncul saat seseorang masih berada di dalam janin atau dalam bentuk embrio. Kondisi ini dikenal dengan banyak nama seperti polythelia, supernumerary nipple, triple nipple, vestigial nipple atau witch’s nipple.

Umumnya puting tambahan ini terletak di sepanjang garis susu dan kadang disertai dengan jaringan payudara ekstra. Jika disertai dengan jaringan payudara tambahan maka dikenal dengan polymastia.

Tak hanya itu, puting tambahan ini biasanya juga menjadi zona erotik di tubuh si empunya, meski tak sesensitif puting pada payudara utama.

“Kemungkinan juga sensitif (menjadi zona erotik) tapi ada gradasi,” tambah Dr Andri.

Para ilmuwan menduga adanya peran dari gen yang menghasilkan protein yang disebut dengan neuregulin-3 (NRG3), yang akan memberikan sinyal ke sel-sel embrio dan memberitahunya untuk menjadi sel-sel payudara. Sebenarnya semua jenis mamalia memiliki kemungkinan untuk mengembangkan puting tambahan, dan pertumbuhan dari puting tambahan ini juga diklasifikasikan menjadi beberapa tingkatan.

Tingkat pertama dari puting tambahan ini adalah berupa tahi lalat yang menyerupai puting dan tingkat paling tingginya adalah puting yang tumbuh di jaringan susu sehingga bisa menghasilkan ASI pada perempuan, sedangkan pada laki-laki tidak bisa menghasilkan ASI. Puting yang tumbuh di jaringan susu tidak hanya terjadi di bagian dada, karena jaringan susu terletak mulai dari ketiak lalu ke payudara dan selanjutnya turun ke bagian selangkangan perempuan.

Kondisi ini bisa terjadi baik pada laki-laki maupun perempuan, meski lebih banyak kasus terjadi pada perempuan. Beberapa tokoh terkenal diketahui memiliki puting lebih dari 2 seperti Anne Boleyn, istri dari Raja Henry VIII di Inggris serta penyanyi Lilly Allen.

Sumber

Advertisements

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: