Ayo Bersihkan Diri Usai Bercinta Agar Area Kelamin Tak Gatal-gatal

Jakarta, Beberapa pasangan langsung jatuh tertidur setelah bercinta usai. Kebiasaan ini ternyata tidak baik karena bisa memicu gatal-gatal di sekitar alat kelamin.

“Bisa jadi karena setelah bercinta tidak membersihkan diri,” kata dokter spesialis kulit dan kelamin, dr Dani Djuanda Sp.KK, saat dihubungidetikHealth, Rabu (13/2/2013).

Saat bercinta, tubuh memproduksi sejumlah cairan baik itu keringat maupun cairan yang diproduksi di alat kelamin. Nah, karena cairan-cairan itu tidak dibersihkan, maka bisa mengundang kuman dan menjadi tempat tumbuh makhluk tersebut.

“Bisa juga karena saat bercinta terjadi gesejan dan menyebabkan lecet sehingga memicu iritasi dan jadi gatal,” sambung dr Dani.

Rasa gatal di alat kelamin perempuan juga bisa terjadi sesaat setelah periode menstruasi selesai. Hal ini bisa terjadi karena malas mengganti pembalut. Padahal darah menstruasi yang keluar membuat area genital lembap.

“Gatal biasanya karena pembalut yang dipakai jadi lembab sehingga memicu jamur tumbuh,” imbuh dokter yang berpraktik di RS Mitra Keluarga ini.

Tags: , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: