Hati-hati! Salah Pakai Bra Bisa Bikin Puting Susu Lecet

Foto: Ilustrasi/Thinkstock

Jakarta, Beberapa perempuan mengeluh puting payudaranya sakit. Hal sepele seperti salah memakai bra ternyata menjadi salah satu penyebab puting payudara lecet. Jadi, jangan asal membeli dan memakai bra.

“Kalau bra-nya kesempitan dan bahannya kurang baik bisa menggesek puting yang mengakitabkan lecet. Saat membeli bra coba lihat ada tidak jahitan sambungan di bagian putingnya. Kalau ada, sambungan itu bisa menggesek puting,” tutur dr Shahnaz Nadia Yusharyahya, SpKK, saat dihubungi detikHealth, Rabu (9/1/2012).

Dia pun menyarankan agar para perempuan mengenakan bra yang sesuai ukuran dan memiliki kualitas yang baik. Menurut dr Shahnaz, perempuan berpayudara besar dan kecil memiliki risiko puting lecet yang sama.

“Mau besar atau kecil payudaranya, kalau pakai bra yang kesempitan dan bahannya tidak nyaman tentu akan membuat puting lecet. Karena itu pula pakailah bra sesuai peruntukannya,” papar dokter yang sehari-hari bekerja di RS Cipto Mangunkusumo ini.

dr Shahnaz menambahkan untuk kegiatan sehari-hari plester untuk melindungi puting tidak perlu dipakai. Sebab puting akan aman jika berada dalam wadah yang pas ukuran dan nyaman.

Dalam kondisi tertentu, perempuan memang mengalami sakit di sekitar putingnya. Misalnya pada saat kehamilan, puting mengalami nyeri karena ada perubahan fisik pada tubuh perempuan hamil.

Sumber

Tags: , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: