Ingin Mempercantik Vagina, Malah Hasilnya Jadi Gatal-gatal

Ilustrasi (dok: Thinkstock)

Jakarta, Karena kulitnya sangat sensitif, vagina atau kemaluan perempuan memang sebaiknya tidak diperlakukan sembarangan. Berbagai cara untuk mempercantik bagian tersebut kadang malah berakhir mengecewakan karena malah menyebabkan gatal-gatal.

Ditindik misalnya, beberapa perempuan khususnya yang memiliki alergi terhadap jenis logam tertentu bisa mengalami gatal-gatal. Demikian juga dengan tato vagina, tinta yang digunakan tidak selalu cocok sehingga memicu gatal-gatal bagi yang alergi.

Wax atau lilin khusus yang digunakan untuk menghilangkan rambut kemaluan juga termasuk salah satu penyebab gatal-gatal pada vagina. Padahal, tujuan waxing biasanya adalah mencegah gatal-gatal karena rambut kemaluan sering ditumbuhi bakteri dan jamur.

“Sebenarnya segala hal yang bisa membuat iritasi bisa membuat gatal-gatal di kulit,” kata dr Dani Djuanda, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin yang berpraktik di RS Mitra Keluarga, saat dihubungi detikHealthdan ditulis pada Rabu (13/2/2013).

Bahkan menurut dr Dani, produk-produk pembersih vagina yang mengandung alkohol dan cairan pembersih bisa memicu iritasi jika dipakai berlebihan. Cairan-cairan itu bisa membunuh beberapa flora normal di vagina, mempengaruhi pH atau tingkat keasaman lalu memicu iritasi dan gatal-gatal.

Kebersihan vagina memang perlu dijaga, namun penggunaan bahan pembersih perlu dibatasi agar jangan berlebihan dan malah menyebabkan iritasi. Terkait hal itu, Dr Putu Laksmi Anggari Putri Duarsa, SpKK dari RS Sanglah Denpasar menyarankan untuk menggunakan cairan pembersih yang soft.

“Kalau membersihkan vagina sebaiknya dilakukan pada bagian luarnya saja, jangan sampai kena bagian dalam sebab bisa mengganggu populasi flora di vagina. Tapi untuk masalah ini memang terpecah menjadi 2 (pendapat), ada yang setuju membersihkan vagina dan ada yang tidak. Kalau saran saya, membersihkan di bagian permukaan saja dengan cairan yang bahannya soft,” katanya.

Sumber

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: