Kok Tumbuh Bulu di Sekitar Puting Susu, Apa Artinya?

ilustrasi (Foto: Thinkstock)

Jakarta, Tak hanya pria saja yang bisa menumbuhkan bulu di dadanya, ternyata wanita juga. Kalau pada pria biasanya tumbuh lebat di bagian tengah dada, pada wanita tumbuhnya tidak sebanyak pada pria dan muncul di sekitar puting payudara.

“Tumbuhnya bulu di sekitar puting itu normal, penyebabnya karena genetik, sudah bawaan dari lahir. Kalau seseorang punya gen yang membuatnya tumbuh bulu saat waktunya tumbuh bulu ya tumbuh. Bisa juga karena pengaruh hormon,” kata dr Abraham Arimuko, Sp.KK, dokter spesialis kulit dan kelamin RSPAD Gatot Soebroto seperti ditulis, Rabu (9/1/2013).

Menurut dr Abraham, tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari munculnya bulu di bagian sensitif tersebut sebab bukan merupakan gejala kelainan tertentu. Adanya folikel bulu di sekitar puting adalah hal yang normal dan biasanya muncul pada masa-masa puber.

Walau demikian, bulu tersebut bisa tumbuh lebih lebat pada beberapa wanita. Pertumbuhan bulu secara berlebihan dan lebih gelap di payudara wanita bisa jadi merupakan efek dari hormon tubuh yang tidak stabil. Seperti dikutip dari Livestrong, ada beberapa penyebab bulu di sekitar payudara tumbuh lebat, yaitu:

1. Kehamilan
Bulu yang tumbuh lebat di sekitar payudara bisa jadi merupakan efek samping dari kehamilan. Kehamilan menyebabkan tubuh mengeluarkan hormon yang menyebabkan bulu tumbuh lebih cepat dan tidak mudah rontok. Bulu yang tumbuh di sekitar puting merupakan efek samping yang umum dari kehamilan.

2. Hirsutisme
Menurut University of Maryland Medical Center, sekitar setengah dari wanita memiliki hormon seks pria androgen yang membuatnya mengalami hirsutisme, yaitu kondisi medis yang ditandai dengan pertumbuhan bulu berlebihan pada payudara, bibir atas, dagu dan punggung.

Hirsutisme disebabkan oleh peningkatan kadar hormon pria yang juga dapat menyebabkan fitur pria lainnya seperti suara lebih dalam, botak, klitoris membesar dan bahu berotot. Jerawat, periode menstruasi yang tak teratur dan hilangnya kesan feminin juga merupakan efek hirsutisme.

3. Obat-obatan
Peningkatan kadar hormon pria juga dapat disebabkan oleh penggunaan obat-obatan seperti fenitoin, minoxidil, diazoxide, siklosporin dan hexachlorobenzene. Akibatnya dapat menyebabkan bulu tumbuh di payudara.

4. Penyakit tertentu
Resistensi insulin yang parah, tumor pada kelenjar adrenal atau ovarium dan steroid anabolik dapat menyebabkan hirsutisme. Kondisi medis seperti sindrom Cushing dan sindrom ovarium polikistik juga menyebabkan hirsutisme.

Sumber

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: