Redakan Gatal-gatal di Area Kelamin, Perlukah Perawatan Khusus?

Foto: Ilustrasi/Thinkstock

Jakarta, Gatal-gatal di area kelamin bisa dialami siapa saja. Tentu saja masalah ini sangat mengganggu. Nah, untuk meredakan gatal-gatal di area kelamin, perlukah perawatan khusus?

“Harus didiagnosis secara menyeluruh terlebih dahulu apa penyebabnya,” kata dr Wresti Indriatmi, M.Epid, SpKK(K) dari Departemen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin FKUI/RSCM, saat dihubungi detikHealth, Rabu (13/2/2013).

Menurut dia, jika gatal-gatal di area kelamin diakibatkan oleh jamur maka penanganannya tidak hanya dengan pemberian salep. Namun jika gatal tersebut muncul karena eksim, maka untuk mengobatinya adalah dengan pemberian salep dan obat anti-gatal.

“Untuk bedak nggak perlu dan nggak boleh malah,” lanjut dr Wresti.

Terkadang gatal-gatal pada alat kelamin perempuan muncul dengan disertai keputihan. Nah, keputihan paling sering terjadi karena jamur sehingga dokter akan memberikan obat anti-jamur untuk mengatasinya.

“Jadi harus didiagnosis secara menyeluruh terlebih dahulu apa penyebabnya,” kata dokter yang berpraktik di RSCM, RS PGI Cikini dan RS Rawamangun ini.

Infeksi jamur umumnya dikarenakan kondisi lembab, misalnya mereka yang banyak berkeringat. Tak hanya itu, infeksi jamur juga umumnya meningkat pada mereka yang mengalami diabetes melitus. Pun mereka yang mengonsumsi antibiotik dan kortikosteroid, banyak yang mengalami infeksi jamur.

Sumber

Advertisements

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: