Siapa yang Lebih Rentan Gatal Kelamin, Pria atau Wanita?

Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Ada anggapan bahwa laki-laki lebih sering mengalami gatal-gatal di alat kelamin. Mungkin karena laki-laki lebih percaya diri untuk garuk-garuk di tempat umum saja. Namun menurut dokter risiko gatal-gatal sama saja pada semua orang, baik laki-laki maupun perempuan.

“Sebenarnya sama saja pria atau wanita. Tergantung pada kebersihan dan kerentanannya terkena alergi,” kata Dr Putu Laksmi Anggari Putri Duarsa SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin dari RS Sanglah Denpasar saat dihubungi detikHealth dan ditulis pada Rabu (13/2/2013).

Seperti disampaikan Dr Laksmi, tingkat kerentanan laki-laki dan perempuan terhadap gatal-gatal di sekitar kemaluan secara umum tidak berbeda. Namun jika dilihat dari penyebabnya, kadang-kadang ditemukan perbedaan antara laki-laki dan perempuan.

Misalnya infeksi jamur candida, penyebab radang candidiasis. Meski laki-laki juga bisa mengalaminya, perempuan cenderung lebih rentan karena infeksi ini biasanya muncul bersama dengan keputihan. Pada perempuan, infeksi ini disebut candidiasis vaginalis.

Sementara untuk eksim atau eksema, laki-laki lebih sering mengalaminya di kepala penis dan kantong scrotum atau buah zakar. Perempuan juga bisa mengalaminya, tetapi lebih sering ditemukan di bibir kemaluan dan biasanya menyebabkan gatal di malam hari.

“Biasanya orang mau tidur mau istirahat, karena dia nggak mikir apa-apa jadi timbul gatal, saat beraktivitas dia tidak gatal. Eksim ini timbul sendiri dari dalam tubuh misalnya karena lagi stres jadi timbul eksim,” kata dr Wresti Indriatmi, M.Epid, SpKK(K) dari RS Cipto Mangunkusumo.

Namun lagi-lagi, terkadang orang menganggap laki-laki lebih sering mengalami gatal-gatal di kemaluan. Berdasarkan penyelasan para dokter, sepertinya lebih tepat jika dikatakan bahwa sebenarnya laki-laki hanya lebih nekat untuk garuk-garuk celana di tempat umum.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: