Sering Onani Sebabkan Ejakulasi Dini?

DOKTER, saya lelaki berusia 27 tahun, tinggi badan 169 centimeter dan berat badan 70 kilogram. Saya sering melakukan onani sejak disunat.

Kalau berhubungan seksual dengan wanita, sering mengalami kesulitan untuk masuk. Sperma saya juga sering keluar sebelum penetrasi (ejakulasi dini tanpa hasil). Apakah ini karena saya kurang olahraga? Apa itu penyakit? Ke dokter mana saya harus berkonsultasi, apakah dokter kelamin atau androlog?

Terkadang penis saya baru masuk dan bergesekan beberapa detik, sperma sudah keluar, dan pasangan saya tidak merasakan nikmat. Apakah ada caranya supaya penis saya bisa tegang dan lama?

Saat saya berhubungan seksual dengan wanita yang masih perawan, tapi sang wanita tidak mengeluarkan darah. Apakah itu bisa dikategorikan wanita tersebut tidak perawan? Apakah dengan onani menyebabkan kita ejakulasi dini karena terbiasa terpuaskan oleh onani tersebut?

Muhamed Ryan
(muhryan82@gmail.com)
Perumahan Villa Pertiwi, Depok-16415

Jawab:

Yang dikeluhkan adalah ejakulasi dini yaitu ejakulasi yang terjadi sebelum dirinya ataupun pasangannya menginginkan terjadi. Penangan yang tepat ialah pada penyebabnya.

Penyebab ejakulasi dini ada dua, yaitu penyebab organik atau fisik dan penyebab psikis.
Penyebab organik atau fisik antara lain ketidakbugaran tubuh, ereksi tidak keras, kekurangan hormon testosteron dan sebaginya. Penyebab psikis antara lain emosi berlebihan, perasaan terburu-buru, suasana tidak nyaman, dan lainnya.

Jika saat penetrasi penis pihak wanita sudah terjadi respon seksual dengan baik sehingga terjadi pelunakan dan pelenturan, maka keadaan ini akan mengakibatkan tidak terjadinya perlukaan atau perobekan maupun perdarahan.

Onani atau masturbasi lebih baik dibanding melakukan hubungan seks yang berisiko atau tidak dengan pasangan tetap. Jika sudah memiliki pasangan tetap, masturbasi atau onani sebaiknya dilakukan oleh pasangannya.

Dokter O
(Dr Nugroho Setiawan, SpAnd)
Rumah Sakit Internasional Bintaro
Jalan Thamrin Bintaro Sektor IX, Tangerang
(021) 745550

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

