“Obat Rambut Rontok Bikin Pria Lemah Syahwat”

detail berita

(Foto: gettyimages)

ANDA tengah bermasalah dengan kebotakan? Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa obat yang digunakan untuk melawan kebotakan ternyata merusak kehidupan seksual pria.

Guys, Anda lebih suka kehilangan rambut atau kehilangan kelihaian seksual? Kedengarannya seperti pilihan yang sangat membingungkan, sebab rambut botak bisa menurunkan rasa percaya diri pria.

Kalau Anda akhirnya mengandalkan obat untuk mengatasi kebotakan, penelitian baru mengatakan bahwa pria yang minum obat untuk rambut rontok berisiko kehilangan sesuatu yang sangat berharga, yakni performa seks.

Penelitian —yang dipublikasikan di Journal of Sexual Medicine bulan ini— mengatakan bahwa 5-23 persen pria yang mengonsumsi obat mengandung finasteride (untuk mengatasi rambut rontok) bisa menderita lemah syahwat, libido rendah, disfungsi ereksi, ejakulasi dini, dan ketidakmampuan untuk orgasme.

Efek samping memang umum dimiliki kebanyakan obat. Dan pada obat finasteride, gejala-gejala tersebut dapat bertahan selama beberapa bulan setelah konsumsinya dihentikan.

Dr Michael S Irwig dari sekolah kedokteran George Washington University menemukan fakta demikian setelah mewawancarai 76 pria usia 21-46 tahun. Bahkan, beberapa di antaranya bisa merasakan efek samping hingga 10 tahun.

Sejumlah partisipan mengembangkan masalah setelah minum obat hanya untuk beberapa hari. Rata-rata, pria sudah mengonsumsi obat tersebut selama 28 bulan, dan mengalami efek samping selama rata-rata 40 bulan.

Namun saat akan menghentikan konsumsi obat, muncul ironi di mana sekali berhenti minum obat, Anda akan segera mulai kehilangan rambut lagi, tapi libido Anda mungkin tidak begitu cepat untuk kembali. Demikian seperti dilansir dari Your Tango, Senin (28/3/2011).

Di Inggris dan Swedia, obat dipasarkan dengan menyertakan label peringatan terhadap potensi disfungsi seksual.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: