10 Kebiasaan yang Merusak Kesuburan Pria

Meski tidak semua infertilitas atau gangguan kesuburan diketahui penyebabnya, ada beberapa faktor yang diduga kuat bisa menurunkan kesuburan, misalnya obat-obatan, lingkungan, penyakit, sampai gangguan organ reproduksi.

Beberapa kebiasaan tertentu juga diketahui dapat menurunkan jumlah dan kualitas sperma. Misalnya bersepeda, yang dapat memberikan tekanan pada testis, bagian yang memproduksi sperma. Tekanan pada penis pun akan menyebabkan mati rasa dan mengganggu kemampuan ereksi.

Berikut 10 hal yang bisa mengganggu kesuburan pria.

1. Merokok
Ini adalah salah satu kebiasaan buruk yang memicu infertilitas pria. Kandungan nikotin dan tembakau pada rokok merusak sperma dan mengurangi jumlahnya.

2. Berat badan
Berat badan juga perlu menjadi perhatian utama. Tak hanya berakibat buruk pada kesehatan secara keseluruhan, berat badan berlebih dapat memengaruhi kesuburan juga. Obesitas memicu perubahan hormon yang tidak normal sehingga menyebabkan infertilitas.

3. Stres
Stres disebut banyak ahli reproduksi sebagai faktor penyebab gangguan kesuburan. Pada beberapa kasus, stres juga dapat memicu disfungsi ereksi.

4. Gadget
Kini gadget hampir tak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Namun, kebiasaan menaruh gadget di pangkuan dalam waktu lama bisa berakibat buruk pada kesuburan pria. Gadget, terutama laptop, memberikan panas pada testis yang dapat merusak sperma.

5. Steroid
Untuk mendapat bentuk tubuh kekar, tak jarang pria menggunakan cara instan, yaitu dengan suntik streroid. Padahal ini adalah salah satu pemicu infertilitas yang tak diduga.

6. Mandi air panas
Mandi air panas mungkin memberikan rasa nyaman dan rileks, tetapi juga memicu ketidaksuburan. Hal ini karena air panas yang mengenai testis akan merusak sperma. Penelitian menunjukkan, rutin duduk di sauna juga memberikan efek yang sama.

7.  Radiasi telepon genggam
Pria cenderung sering meletakkan telepon genggamnya di saku celana. Padahal radiasi dari telepon genggam dapat memengaruhi testis dan secara bertahap akan memicu disfungsi ereksi dan infertilitas.

8. Alkohol
Alkohol mengurangi produksi testosteron sehingga berpengaruh pada penurunan jumlah sperma.

9. Celana dalam ketat
Celana dalam ketat membuat rasa panas pada testis yang memengaruhi jumlah sperma dan fertilitas.

10. Obat-obatan terlarang
Orang yang teradiksi oleh obat-obatan terlarang, seperti ganja, lebih mungkin untuk mengalami penurunan jumlah sperma dan disfungsi ereksi.

 

Sumber :

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: